Rabu, 20 Januari 2021

Sejarah Nissan Skyline GT-R dari generasi 1-2

Generasi pertama (1969–1972)

File: Nissan SKYLINE 2Door Hard-top 2000GT-R MY1972 (1) .jpgSkyline GT-R pertama, dikenal dengan internal Nissan penunjukan PGC10 , diperkenalkan pada 4 Februari 1969, dan eksklusif untuk jaringan dealer Jepang Nissan disebut Nissan Prince Store ketika perusahaan Prince diintegrasikan ke dalam operasi Nissan pada tahun 1966. Itu yang tersedia awalnya sebagai sedan empat pintu setelah debut publik di Tokyo Motor Show Oktober 1968 . Itu diiklankan di samping mobil balap Nissan R380 untuk menampilkan lambang balap Skyline. Itu dilengkapi dengan mesin 2.0 L DOHC S20 Inline-enam dengan kecepatan 119 kW (162 PS; 160 hp) pada 7.000 rpm dan 176 N⋅m (130 lb⋅ft) pada 5.600 rpm. [19]Tenaga disalurkan ke roda belakang dengan transmisi manual 5 kecepatan dan mobil dilengkapi dengan diferensial selip terbatas. Skyline GT-R pertama menggunakan suspensi penyangga lengan semi-trailing. Sistem pengereman terdiri dari rem cakram di depan dan rem tromol di belakang. Itu tersedia dalam gaya tubuh coupé pada Maret 1971 dengan kode sasis KPGC10 .

Interior mobil sangat sederhana dan dilengkapi dengan jok racing bucket dan roda kemudi palang tiga dengan sisipan kayu. Pedalnya dibuat dari aluminium. [17]

Nama populer untuk PGC dan KPGC10 Skyline GT-R adalah Hakosuka , yang menggabungkan kata dalam bahasa Jepang untuk kotak ("hako" atau ハ コ) dan singkatan dari skyline ("Suka" atau ス カ seperti dalam ス カ イ ラ イ ン atau "sukairain").

Sebanyak 1.945 PGC dan KPGC10 Skyline GT-R diproduksi.



Generasi kedua (1973)

Tampak belakang sebuah KPGC110 GT-R

Pengganti KPGC10, KPGC110, diperkenalkan pada tahun 1973 setelah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 1972 . Didukung oleh mesin 1.989 cc S20 inline-6, generasi kedua GT-R menyalurkan tenaga ke roda belakang melalui gearbox manual 5-percepatan. Mobil ini juga memiliki rem cakram depan dan belakang. Suspensi adalah pengaturan lengan cincin semi-trailing dan bagian aerodinamis kecil ditambahkan.

Model GT-R ini juga dikenal sebagai "Kenmeri" Skyline, karena iklan populer yang menampilkan pasangan muda (Ken dan Mary) menikmati pedesaan Hokkaido. Iklan tersebut kemudian melahirkan lagu hit oleh Buzz, dan pohon yang ditampilkan dalam iklan tersebut kemudian menjadi bintang kecil itu sendiri. [ butuh rujukan ]

Sayangnya, generasi kedua GT-R tidak berhasil, karena krisis bensin yang melanda awal tahun 1970-an, mengeringkan semua permintaan untuk mobil sport berperforma tinggi. [21] Sebanyak 197 mobil dibuat pada akhir masa produksi singkatnya. Untuk dekade berikutnya, ini adalah GT-R terakhir hingga R32 diproduksi pada tahun 1989.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar