Nama Skyline berasal dari perusahaan mobil Prince , yang mengembangkan dan menjual jajaran sedan Skyline sebelum bergabung dengan Nissan - Datsun .
Skyline asli diluncurkan oleh Prince Motor Company pada bulan April 1957 dan didukung oleh mesin 1,5 liter. Iterasi yang kemudian diluncurkan pada tahun 1964 yang disebut Prince Skyline GT didukung oleh mesin 2.0 liter G7 inline-6 yang digunakan bersama dengan sedan Prince Gloria pasar atas . Dua versi road going dibangun. S54A yang memiliki mesin karburator tunggal dengan kecepatan 78 kW (106 PS; 105 hp) dan S54B yang memiliki mesin tiga karburator dengan kecepatan 92 kW (125 PS; 123 hp) dan produksi mencapai 100 unit. [17]
Singkatan GT-R adalah singkatan dari Gran Turismo Racing [ rujukan? ] Sedangkan GT-B adalah singkatan dari Gran Turismo Berlinetta. [ butuh rujukan ] Orang Jepang memilih untuk menggunakan konvensi penamaan Italia saat menamai mobil - karena kebanyakan mobil yang dibuat di Jepang pada waktu itu menggunakan singkatan Barat - untuk lebih meningkatkan penjualan. Pendahulu GT-R, S54 2000 GT-B , berada di urutan kedua dalam balapan pertamanya di GP Jepang 1964 setelah Porsche 904 GTS yang dibuat khusus . Namun, Prince Skyline Sport coupé / convertible meramalkan GT-R sebagai model berorientasi olahraga pertama dalam jajaran Skyline, maka namanya. [18]
Perkembangan berikutnya dari GT-R, PGC10 2000 GT-R empat pintu, mencetak 33 kemenangan dalam satu setengah tahun balapan, dan pada saat mencoba meraih kemenangan ke-50 berturut-turut, larinya diakhiri oleh Mazda. Savanna RX-3 . Mobil ini meraih 1.000 kemenangan pada saat dihentikan produksinya pada tahun 1972. Model GT-R yang terakhir, KPGC110 2000GT-R, menggunakan mesin inline-6 S20 119 kW (160 hp) yang tidak berubah dari 2000 GT- sebelumnya. R dan hanya 197 unit yang terjual karena krisis energi di seluruh dunia . Model ini adalah satu-satunya GT-R yang tidak pernah berpartisipasi dalam balapan besar meskipun dikembangkan sebagai satu-satunya mobil balap yang dibuat khusus, yang sekarang berada di unit penyimpanan Nissan untuk mobil bersejarah di Zama .
Skyline berlanjut hingga 1990-an ketika menjadi populer terutama karena tetap menggunakan penggerak roda belakang , sementara sebagian besar pabrikan lain berfokus pada mobil penggerak roda depan .
Selama masa pakainya, berbagai edisi khusus yang berisi modifikasi peningkat performa tambahan diperkenalkan oleh Nissan dan divisi performanya Nismo ( Nis san Mo torsport).
sc:https://en.wikipedia.org/wiki/Nissan_Skyline_GT-R&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search
Tidak ada komentar:
Posting Komentar