Rabu, 20 Januari 2021

Sejarah Nissan Skyline GT-R di generasi ke 4


Generasi keempat (1995–1998)

 Nissan Skyline R33 GT-R 001.jpg

The E-BCNR33 ( R33 ) dikembangkan bahkan sebagai model non GT-R R33 mulai dijual pada bulan Agustus 1993 (dengan prototipe yang ditampilkan di 1993 Tokyo Motor Show) untuk rilis pada tahun 1995 sebagai penerus model R32. Mesin di R33 hampir identik dengan R32. Itu menggunakan turbocharger yang sama dan spesifikasi yang sama untuk gearbox manual , meskipun sinkro-nya lebih kuat. Mesin mengoreksi kerah penggerak pompa oli R32 yang lemah, yang cenderung gagal dalam aplikasi daya yang lebih tinggi, dengan menggunakan kerah yang lebih lebar (juga diperbaiki dalam spesifikasi 2 R32 sebelum rilis R33). Model dasar R33 GT-R memiliki berat 1.540 kg (3.395 lb). [40]


R33 GT-R mulai dijual pada 6 Januari 1995 dengan model dasar GT-R dan model V · Spec. Model V · Spec memiliki bobot 10 kg (22 lb) lebih berat, dan memiliki suspensi yang lebih sporty sehingga menghasilkan ground clearance yang lebih rendah. V · Spec juga menampilkan sistem penggerak semua roda ATTESA E-TS Pro yang lebih baru, yang mencakup diferensial Active Limited Slip.

Bersamaan dengan peluncuran R33 GT-R dan GT-R V · Spec, Nissan juga memperkenalkan model R33 GT-R V · Spec N1. Perubahan yang dilakukan pada R33 N1 serupa dengan yang ada di R32 N1. Mobil tersebut dibuat lebih ringan dengan melepas ABS, AC, sound system, wiper belakang, dan karpet boot. R33 GT-R V · Spec N1 menerima mesin R33 N1 yang sedikit direvisi.


R33 mengakhiri produksinya pada 9 November 1998. R33 GT-R terakhir yang diproduksi adalah V-Spec dalam GV1 dengan finishing warna Black Pearl. [41] [42]


Pada tahun 1995, Best Motoring melakukan pengujian GT-R R33 di Nürburgring Nordscheleife . Dikendarai oleh Motoharu Kurosawa , mobil tersebut menempuh waktu putaran 8: 01.72 menit mengelilingi lintasan. Pada saat itu, itu adalah mobil produksi seri legal jalan tercepat dan mobil produksi legal jalan tercepat kedua di trek. Pada tahun 1996, rekor tersebut dipecahkan oleh Dirk Schoysman dengan GT-R R33 V-Spec for Best Motoring dengan waktu lap 7:59 menit. Pada 1999, rekor itu dipecahkan oleh GT-R R34. [43]

1995 GT-R LM

Nissan sebagian besar berkompetisi di balapan Grup C dengan mobil balap prototipe yang dibuat khusus setelah R32 GT-R dikeluarkan dari balapan Grup A tetapi perubahan aturan untuk Grup C memaksa Nissan untuk meninggalkan balapan Grup C. Nissan kemudian mulai mengembangkan salah satu mobil yang ada untuk memasuki balapan kelas GT1 di seri balap BPR. Perusahaan memutuskan untuk mendasarkan mobil GT1 baru pada mobil balap R33 LM. Berat mobil dikurangi menjadi 1.150 kg (2.535 lb) dan sistem penggerak semua roda telah dihapus. Mobil itu juga diperlebar dan diturunkan secara signifikan dengan bodykit baru untuk meningkatkan downforce. Mobil itu dibekali mesin berspesifikasi N1 yang memiliki output tenaga 298 kW (405 PS; 400 hp). Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual sekuensial 6 kecepatan yang diproduksi oleh Xtrac.


Aturan homologasi untuk kelas GT1 pada tahun 1995 mensyaratkan satu jalan yang setara untuk dibuat. Jadi, satu mobil LM jalan raya dikembangkan dan disimpan di fasilitas Nissan Zuma. Versi jalan raya dari mobil ini diturunkan menjadi 224 kW (305 PS; 300 hp) dan dilengkapi dengan bodykit yang lebih lebar 50 mm (2 in) yang sama dengan versi balap. Interiornya tetap sama dengan R33 GT-R standar meskipun dengan lingkar kemudi berbingkai Alcantara dan jok racing bucket.


Dua mobil balap dibuat dengan nomor 22 dan 23. Mereka masuk di musim 1995 LeMans tetapi menghadapi persaingan ketat dari mobil balap yang lebih kuat seperti Ferrari F40 LM dan McLaren F1 GTR . Mobil nomor 22 yang dikendarai H. Fukuyama dan S.Kasuya lolos di musim ke-34 dan finis di urutan ke-5 di kelasnya dengan posisi keseluruhan ke-10 sedangkan nomor 23 mundur setelah 157 lap karena kerusakan gearbox. Karena masuknya mobil balap yang dibuat khusus dengan menggunakan celah dalam regulasi seperti Porsche 911 GT1 , Nissan memutuskan mundur untuk musim 1996. [44] [45]


1996 LM Limited

Ada beberapa edisi terbatas BCNR33 yang diproduksi. LeMans pertama, atau versi "LM", diperkenalkan pada Mei 1996 untuk merayakan partisipasi Nissan dalam 24 jam Le Mans. Satu-satunya warna bodi yang tersedia untuk R33 LM adalah Champion Blue. Mobil itu memiliki bibir pembagi depan untuk mengarahkan udara ke bukaan depan atas, dan sayap belakang serat karbon dengan penutup Gurney. Ada sisipan serat karbon di sirip sayap belakang dengan lencana GT-R di sisipan. Logo "GT-R Skyline" di bawah bendera kotak-kotak ditempatkan di pilar C.


Nissan hanya memproduksi 188 unit [46] model ini, 86 GT-R LM Limited dan 102 V-Spec LM Limited.


Perlengkapan tambahan pabrik edisi terbatas:


Kejuaraan Biru (kode BT2).

Bilah Sayap Belakang Serat Karbon.

N1 Saluran Pendingin Rem Depan.

Bibir Bonnet N1.

Stiker Peringatan GT-R di C-Pillars.

1997 NISMO 400R

Edisi khusus dari R33 diperkenalkan pada tanggal 3 November 1997 yang disebut 400R, [47] dengan R sebagai singkatan dari Racing. Pengembangan dan perencanaan keseluruhan dilakukan oleh NISMO (Nissan Motorsports International). Namun, mesin RB26DETT yang membosankan dan berbelok-belok , RBX-GT2 , direkayasa dan diproduksi oleh REINIK (kemudian berganti nama menjadi REIMAX - "REINIK to the MAX"). Mesin ini memiliki crankshaft stroke 77,7 mm (stok 73,7 mm), piston 87 mm tempa (cast stock 86 mm), batang yang ditingkatkan, port yang dipoles, camshaft pengangkatan tinggi, sistem oli yang ditingkatkan, manifold buang yang lebih besar, dan turbocharger output yang lebih tinggi. NISMO menghasilkan knalpot yang ditingkatkan, kopling pelat ganda, dan sistem intercooler. Nismobantalan rem dipasang ke mobil. Pembaruan aerodinamis eksklusif 400R juga ditambahkan, seperti bemper yang lebih lebar, side skirts, bemper belakang baru, bemper depan baru dengan air scoop yang lebih besar, serta kap mesin yang didesain ulang dan spoiler belakang yang terbuat dari serat karbon. 400R juga dilengkapi dengan 18 x 10 Nismo LM-GT1s. Mesin tersebut mengembangkan 298 kW (405 PS; 400 hp) dan 347 lb⋅ft (470 N⋅m), yang memungkinkan kecepatan tertinggi lebih dari 300 km / jam (186 mph), dan memungkinkannya untuk berakselerasi dari 0–97 km / h (0–60 mph) dalam 4,0 detik. NISMO awalnya berencana untuk memproduksi 100 unit 400R, namun, hanya 44 unit yang dibuat sebelum produksi R33 berakhir pada tahun 1998. [48] [49]


Angka produksi

GT-R (Seri 1) = 5050

V · Spesifikasi (Seri 1) = 4095

Tidak diketahui (Seri 1) = 14 (Mobil pra-produksi atau awal termasuk GT-R, V · Spec dan V · Spec N1).

GT-R (Seri 2) = 2291

V · Spesifikasi (Seri 2) = 1203

LM Terbatas = 188 [46] (86 GT-R LM Terbatas, 102 V · Spesifikasi LM Terbatas)

GT-R (Seri 3) = 1958

V · Spesifikasi (Seri 3) = 1269

Hari Jadi ke-40 Versi Autech = 416 [50]

N1 = 87 [51] (Seri 1 = 55 diketahui, Seri 2 = 21, Seri 3 = 11)

UK V · Spec = 97 [52] (94x 17 digit model VIN ditambah 3 prototipe)

Total produksi = 16.668 [53]


sc:https://en.wikipedia.org/wiki/Nissan_Skyline_GT-R&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search

Tidak ada komentar:

Posting Komentar